Trik SEO Terbaru 2014

Trik SEO Terbaru 2014

Trik SEO Terbaru 2014
Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan sebutan SEO adalah sebuah metode optimasi blog/situs web yang merujuk pada mesin pencari. Serangkaian cara dilakukan oleh pengelola blog dan situs web untuk mendongkrak posisi weblog mereka dalam hasil pencarian search engine.

Sebagian besar trafik blog bersumber dari mesin pencari, dan hal inilah yang mengharuskan para pemilik blog untuk memperkuat kuantitas SEO blog mereka. Dengan emplementasi SEO yang tepat dan dilakukan secara etis, potensi untuk mendapatkan peringkat (pagerank) yang baik menjadi terbuka lebar, dan dari sini peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung semakin realistis.

Wacana teori optimasi blog memang senantiasa mengalami beberapa perubahan dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya untuk melakukan penyesuaian dengan konsep optimasi berdasarkan cara kerja mesin pencari, baik mesin pencari Google, Bing, Yahoo maupun mesin pencari lainnya.

Kuantitas dan kualitas SEO memang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan pagerank tinggi. Semakin berbobot SEO suatu blog, maka peluang untuk memenangkan persaingan di SERP menjadi kian terbuka lebar. Namun, keanekaragaman metode optimasi terkadang justru akan membuat blog bersangkutan terkubur dalam Sandbox.

Dalam proses emplementasi SEO dibutuhkan langkah-langkah yang tepat dan tidak mengancam blog itu sendiri. Standar optimasi blog menggunakan patokan tertentu sesuai dengan etika optimasi yang dapat Anda baca dalam lembar SEO Guidelines Google. Jika cara yang Anda terapkan dianggap menyimpang, maka hal ini justru akan merusak masa depan blog Anda di SERP.

Lalu apa trik SEO terbaru ditahun 2014 ini? Seperti yang saya singgung diatas bahwa wacana SEO dapat berubah sewaktu-waktu untuk melakukan penyesuaian dengan cara kerja search engine. Dan berikut ini adalah rangkuman teknik SEO terbaru 2014 berdasarkan hasil analisa saya dan referensi dari beberapa sahabat blogger nusantara & blogger manca.

Mutu artikel
Kualitas artikel masih menjadi the main gun untuk meningkatkan mutu SEO blog Anda. Sesempurna apapun Anda menerapkan teknik SEO pilihan, ia tidak akan berdampak apa-apa tanpa disertai artikel berkualitas, karena pada dasarnya kunci utama SEO itu sendiri adalah bermodalkan artikel berkualitas.

Lalu bagaimana ciri-ciri artikel yang dianggap berkualitas? Apakah artikel yang memiliki kepadatan kata hingga ribuan kata? Artikel berkualitas dicirikan oleh sejumlah hal; bermanfaat bagi pembaca, tidak terdapat keyword stuffing (kata kunci berlebihan), dan lazimnya memuat jumlah kata yang banyak (>400 kata).

Pengaruh social media
Berdasarkan analisa saya dalam beberapa bulan terakhir ini, SEO sangat berkaitan rapat dengan tingkat popularitas author dan blog di situs social media dan situs social network. Wacana pengaruh situs social media memang sudah ada sejak dulu, namun saat ini sejumlah mesin pencari terutama Google semakin menitikberatkan hal tersebut.

Dengan kondisi ini, sudah barang tentu Anda harus mulai membangun popularitas blog Anda di situs social media. Kiat-kiat untuk membangun popularitas blog dapat dilakukan mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti memasang widget share di blog, memperbanyak teman di situs social network, mengintegrasikan blog dengan Google+, dll.

Relevansi & kualitas backlink
Mungkin masih banyak diantara sahabat blogger yang melakukan link building secara membabi-buta. Menanam backlink dengan standar link building yang salah tidak akan berdampak baik untuk blog Anda. Bahkan, ia membuka peluang bagi blog Anda untuk dikategorikan sebagai blog spam yang sewaktu-waktu dapat di hapus oleh tim Blogger (jika menggunakan platform blogger).

Meskipun setiap blog sangat bergantung pada backlink, tetap saja untuk melakukan link building yang harus jadi prioritas adalah kualitas, dan bukan kuantitas. Carilah backlink dari blog yang relevan dengan niche blog Anda. Hal ini sangat penting untuk menaikkan posisi blog Anda dihasil pencarian. Fokus untuk membangun backlink berkualitas agar ia memberikan hasil yang sepadan dengan waktu yang Anda luangkan.

Relevansi niche terhadap konten
Sangat penting sebelum Anda membuat blog untuk melakukan reset kata kunci terlebih dahulu. Mengapa harus melakukan reset kata kunci? Hal ini adalah untuk memastikan bahwa niche yang Anda pilih benar-benar tepat.

Apabila nilai relevansi niche dengan konten blog sangat rendah, maka akan sangat sulit untuk bisa masuk ke top1 atau top10 Google. Dan dalam hal ini kita tidak bisa dengan begitu saja mengganti meta deskripsi & meta keyword secara berulang-ulang dalam kurun waktu yang relatif singkat. Konsistensi niche, meta keyword & deskripsi sangat penting untuk mendapatkan posisi yang baik di SERP.

Menggunakan template SEO friendly
Spider bot Google menelusuri isi situs atau blog Anda dengan menjelajahi struktur template blog. Artinya, jika template yang Anda gunakan tidak didesain unntuk memudahkan spider bot dalam prose crawling, maka hal ini dapat mengurangi reputasi blog Anda dihadapan search engine.

Spider bot Google tidak menyukai template; memiliki struktur laman yang buruk, berat/loading lama, memuat banyak script error, dsb. Ini adalah jenis-jenis template yang tidak boleh Anda gunakan. Jika Anda merasa template yang Anda gunakan belum SEO friendly, silakan download template blog SEO friendly terbaru.

Itulah beberapa kunci trik SEO terbaru 2014 untuk meningkatkan pagerank blog serta mendapatkan trafik secara maksimal dari search engine. Saya menggunakan judul trik SEO terbaru 2014 karena para praktisi SEO, terutama kalangan pemula cenderung menggunakan keyword tersebut. Pada dasarnya tidak ada trik tersembunyi dalam penerapan SEO. Beberapa hal terpenting dalam emplementasi SEO diantaranya adalah sebagaimana yang saya uraikan diatas.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH FORM INPUT REGISTRASI DAN LOGIN ADMIN CODEIGNITER

EKSEPSI JAVA

SQLi DUMPER 5.1 2014